Informasi Wilayah Provinsi Riau

Provinsi ini terletak tepat ditengah-tengah pulau Sumatera dan memiliki semboyan ‘Bumi Betuah Negeri Beradat’ merupakan salah satu provinsi kepulauan di Indonesia. Ibukota provinsinya berada di Kota Pekanbaru. Berdasarkan letak astronomis kota ini berada antara 100o03 Bujur Timur - 104o00 Bujur Timur dan 02o25’ Lintang Utara – 01o15’ Lintang Selatan.

Batas-Batas Wilayah Provinsi Riau

Provinsi Riau memiliki batas-batas sebagai berikut :

  • Sebelah utara berbatasan dengan Provinsi Kepulauan Riau dan Selat Malaka;

  • Sebelah timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan;

  • Sebelah selatan berbatasan dengan Provinsi Jambi dan Selat Berhala;

  • Sebelah barat berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Sumatera Utara.

Geografi Provinsi Riau

Kondisi geografis Provinsi Riau yakni sebagai berikut:

  • Wilayah provinsi terletak sepanjang lereng Pegunungan Bukit Barisan sampai Selat Malaka. Sementara itu ketinggian dan bentuk topografi wilayah provinsi sangat beragam, seperti wilayah bergelombang, dataran, perbukitan, dan pegunungan.

  • Kondisi iklim provinsi ini adalah tropis basah dengan curah hujan cukup tinggi setiap tahunnya yakni 2.000 sampai 3.000 mm.

Wilayah Provinsi Riau

Wilayah Administrasi Provinsi Riau

Provinsi Riau memiliki luas wilayah sekitar 87.023,66 km2 dan dihuni sebanyak 6.657.911 jiwa per tahun 2017 dengan kepadatan penduduk 76,50 jiwa/km2.

Sub Wilayah Provinsi Riau

Provinsi Riau terdiri dari 10 wilayah kabupaten dan 2 kota sebagai berikut :

  1. Kabupaten Bengkalis

  2. Kabupaten Indragiri Hilir

  3. Kabupaten Indragiri Hulu

  4. Kabupaten Kampar

  5. Kabupaten Kepulauan Meranti

  6. Kabupaten Kuantan Singingi

  7. Kabupaten Pelalawan

  8. Kabupaten Rokan Hilir

  9. Kabupaten Rokan Hulu

  10. Kabupaten Siak

  11. Kota Dumai

  12. Kota Pekanbaru

Transportasi Provinsi Riau

Agar dapat mencapai wilayah Provinsi Riau dapat melalui jalur transportasi sebagai berikut:

  • Jalur darat dengan menggunakan sarana transportasi pribadi maupun konvensional menggunakan. Untuk transportasi konvensional terdapat armada bus yang melayani keberangkatan antar kota maupun kabupaten dan antar provinsi. Berikut ini adalah terminal yang berada di Provinsi Riau yaitu Terminal Bandaraya, Terminal Payung Sekaki, dan Terminal Gerbang Sari.

  • Jalur perairan dengan menggunakan klotok, speedboat, kapal ferry melalui Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Sei Duku, Pelabuhan Sei Pakning, dan Pelabuhan Bengkalis.

  • Jalur udara dengan menggunakan pesawat udara yang berada di bandar udara berikut ini Bandar Udara Tuanku Tambusai, Bandar Udara Japura, Bandar Udara Pasir Pengaraian, Bandar Udara Pinang Kampai, Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Bandar Udara Sei Selari.

Pentingnya Kode Pos di Provinsi Riau

Pembagian wilayah di Provinsi Riau yang terdiri atas 10 kabupaten dan 2 kota ditambah perkembangan dunia online semakin berkembang pesat. Keadaan ini menggambarkan bahwa eksistensi kode pos sangat penting. Salah satunya digunakan sebagai acuan mencari letak wilayah oleh jasa pengiriman dan ekspedisi barang dan logistik.

Terlebih lagi dengan angka jumlah penduduk yang lebih dari satu juta jiwa. Dengan adanya pembagian kode pos akan sangat membantu dalam mencari letak wilayah tersebut. Sehingga dapat menunjang perkembangan berbagai jasa pengiriman dan bisnis online di Provinsi Riau.