Wilayah Kecamatan Andir

Andir merupakan salah satu kecamatan yang terletak di Kota Bandung Provinsi Jawa Barat Indonesia. Kecamatan ini memiliki luas sebesar 3.47 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 103.975 jiwa.

Kecamatan Andir berbatasan dengan berbagai kecamatan lainnya :

  • Di sebelah utara Kecamatan Andir berbatasan dengan Kecamatan Cicendo
  • Di bagian selatan berbatasan dengan Kecamatan Bandung Kulon, Kecamatan Babakanciparay, Kecamatan Bojongloa Kaler dan Kecamatan Astanaanyar
  • Di sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Cimahi, Kecamatan Cimahi Selatan, dan Kecamatan Bandung Kulon
  • Di bagian timur berbatasan dengan Kecamatan Sumur Bandung

Kecamatan Andir sendiri dapat diklasifikasikan menjadi beberapa daerah kelurahan:

  1. Kelurahan Campaka

  2. Kelurahan Ciroyom

  3. Kelurahan Dunguscariang

  4. Kelurahan Garuda

  5. Kelurahan Kebon Jeruk

  6. Kelurahan Maleber

Penduduk Kecamatan Andir tinggal di berbagai komplek perumahan yang tersebar di wilayah tersebut diantarnya:

Komplek Sudirman Town House, Komplek Lugina, Komplek Rajawali Sakti I, Maltra Residence, Elang, SInggasana, Komplek Perumka, Pesona Pasteur Resident, Puri Matahari, Mega Asri II, Komplek Cendrawasih dan masih banyak lagi.

Sedangkan sekolah yang bisa didatangi di kecamatan ini yaitu, Elementary School Durman, Sekolah Menengah Atas Mutiara 2, State Elementary School Cibabdak 1, Sekolah Dasar Negeri Garuda 1, SDN Karang Taruna, Trinity High School, SMPN 23 Bandung, Sekolah Menengah Atas Mutiara 1, SMA Rajawali, Sekolah Dasar Andir Mukti, SMPN 4 Bandung, TK Aisiyah dan SMA Pelita Nusantara.

Selain itu Kecamatan Andir juga memiliki pusat pelayana kesehatan untuk warganya. Pusat pelayanan kesehatan tersebut diantaranya :

Rumah Sakit Kebon Jati, Santosa Hospital Neurology and Interventional, Rumah Sakit Rajawali, Rumah Bersalin Ibu Lenny, serta Klinik Pratama Al-Ikhlas 3.

Dengan kode pos yang spesifik maka akan memudahkan kurir pengantar untuk mencapai lokasi tempat yang diinginkan. Kode pos tersebut mengindikasikan kedekatan wilayah tertentu sehingga bisa dijangkau dengan mudah dari daerah ke daerah. Diharapkan semua ekpedisi yang beroperasi di Indonesia dapat menggunakan informasi kode pos untuk meningkatkan performansi pengiriman ke berbagai wilayah terpencil sekalipun.